Dear Ojan


 Hai Jan, 

Kemarin lo baru ulang tahun loh. 6 November, lo genap 28 tahun. Happy birthday ya Jan, maaf kemarin gw ngga ngucapin. Better late than never toh?

Inget ga Jan, pertama kita ketemu tahun 2011. Kita belajar fisika bareng di saung salman. Gw inget banget jaket jeans biru muda lo, kaos kutang sama jeans hitam. 

"Lo tuh pinter, tapi males! Buku catatan lo ga jelas, nulis di kertas-kertas terus ngga dikumpulin! Gimana UTS nanti bisa lancar?"

Hari itu gw ngedumel terus, ngeliat lo cengengesan sambil jawab "Iyee kes, ajarin gw dong plis."

Inget ga Jan, lo dateng ke kosan gw pagi-pagi jam 5 karena nganterin gw ke Borromeus, soalnya gw nge-twit kaki gw kepelintir. Lo langsung BBM dan bilang "10 menit lg gw sampe kosan ya". Pagi itu gw bersyukur banget, terus gw traktir lo makan siang di bebek borromeus. Lo makan rakus banget, karena lo cerita hari itu lo ngga tidur sampai pagi.

Inget ga Jan, selama kita di himpunan lo jarang nongkrong di sekre. Tapi sekalinya nongkrong, kita ngakak terus, main kartu, ghibah.

Inget ga Jan, lo dulu bilang "nanti kalo udah gede, gw bakal jadi presiden" dengan muka lempeng lo itu. Jujur aja kita semua ga ada yang liat bakat presiden di lo. Tapi gw tau bacaan lo tuh bill gates, teknokrat-teknokrat, scientist hebat. Kembali lagi, lo tuh pinter Jan, tapi lo kadang suka males!

Gw lagi inget semua Jan, semua hal tentang lo, tentang anak-anak himpunan, dan tentang kuliah. Hari ini tanggal 7 November, malam waktu Belanda. Sekarang gw lagi baca-baca chat kita terakhir 1 bulan yang lalu. Seandainya gw tau, seandainya gw paham. Gw bakal baca-baca tentang program Jerman lu Jan. Gw bakal cari tau semua hal Jan, yang bisa bikin pikiran lu tenang, yang bisa bikin lo happy dan semangat. 

Gw cuma bisa berandai-andai sekarang Jan. Kalau kata orang penyesalan itu datang belakangan ya? Itu yang seharian ada di hati gw Jan. Nyesel. Gw nyesel. Gw nyesel kata-kata terakhir gw di chat adalah "LPDP ngga buka Jan :("

Seandainya gw bilang kemarin "Jan, LPDP ngga buka, tapi kita cari di Stuned yuk, ini link-link nya, ini Jan baca deh ada lowongan disini, apply yuk." Mungkin kah kalau gw ubah kalimat gw, ada rasa semangat dan bahagia walau sedikit terpancar di hati lo Jan? Mungkin kah kalau gw berusaha lebih maksimal di hari itu, lo hari ini lagi potong kue ke-28 lo dirumah, dan gw malam ini lagi menyeruput susu cokelat panas gw di waktu musim gugur ini.

Mungkin ya, Jan? Bolehkah gw pakai khayalan itu untuk malam ini aja, Jan? Bolehkah gw membayangkan lo malam ini lagi tidur terlelap setelah potong kue ulang tahun dirumah lo di Bekasi? 

Ojan yang baik, ku harap engkau tidur dengan tenang.



In Loving Memory of Achmad Fauzan
06/11/1992 - 06/11/2020
Forever in our heart







Comments

Popular posts from this blog

mas bro

Firasat

Mengejar Cita : Menjemput Beasiswa LPDP